20 Mei 2009

PROTOCOL DAN CARA KERJA INTERNET

| 20 Mei 2009

Dalam mendisain sistem komunikasi komputer untuk kebutuhan internetworking yang heterogen disadari bahwa :
• Para pengguna mengingini interkoneksi yang universal.
• Tak ada jaringan :tunggal yang mampu melayani seluruh pengguna.
Untuk memenuhi konsep tersebut dan pada batasan yang ada, maka dikembangkanlah TCP/IP. TCP/IP lazim disebut dengan open system karena tidak terbatas oleh satu vendor khusus, serta spesifikasinya tersedia untuk public.


Berikut penjelasan mengenai bagaimana ilusi dunia ini bekerja.
• Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dalam suatu jaringan yang terdiri dari banyak komputer, dibutuhkan alamat tujuan dan perantara untukmemindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara aman dan langsung.
• Internet menggunakan protokol untuk menjamin sampainya data secara aman di tempat tujuan.
• Saat seorang pengguna Internet mengirim sekelompok teks ke mesin lain, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga computer penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. IP menambahkan label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.
• Deretan paket-paket TCP/IP berjalan menuju tujuan yang sama dengan menggunakan berbagai jalur yang berbeda. Sebuah perangkat khusus yang disebut router dipasang di titik persimpangan antar jaringan dan memutuskan jalur mana yang paling efisien yang menjadi langkah berikut dari sebuah paket. Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet dengan membagi beban, sehingga menghindari kelebihan beban pada suatu bagian dari sistem yang ada.
• Saat paket-paket TCP/IP tiba di tempat tujuannya, komputer akan membuka label alamat IP lalu menggunakan daftar pengiriman yang ada pada paket TCP untuk memeriksa apakah ada kerusakan paket yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tsb menjadi susunan teks seperti aslinya. Saat komputer penerima menemukan paket yang rusak, komputer tsb akan meminta komputer pengirim untuk mengirim salinan baru dari paket yang rusak.
• Sebuah perangkat khusus yang disebut gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horison elektronik untuk berkomunikasi dengan Internet menggunakan TCP/IP. Gateway menerjemahkan protokol asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya.
• Bagi seorang pemakai, Internet hadir seperti jaringan global raksasa yang tidak terbatas, yang langsung merespon jika diminta. Komputer, gateway, router, dan protokol yang membuat ilusi ini bekerja.

Metoda pengalamatan di Internet

Alamat merupakan bagian penting dari apapun yang dikerjakan secara virtual di Internet. Setiap interaksi yang dilakukan dengan orang atau mesin lain akan membutuhkan sebuah alamat. IP dalam TCP/IP merupakan mekanisme untuk memberikan alamat bagi komputer-komputer di Internet. Pembungkus IP pada sebuah paket merupakan label alamat yang memberitahu darimana informasi tersebut dikirim.
Pada sistem internet diingini setiap mesin memiliki suatu penamaan yang universal yang disebut dengan name atau address. Alamat Internet terdiri dari dua bentuk yaitu : alamat fisik yang dimengerti oleh mesin (dinyatakan sebagai angka) dan yang dapat digunakan orang dengan mudah (dinyatakan sebagai kata).




Internet Numbers (IP Number)

Setiap mesin di Internet memiliki satu address yang unik yang disebut dengan Internet number atau IP address. Yang terdiri dari 32 bit yang biasanya dinyatakan dalam 4 angka yang dihubungkan dengan titik (.), misal 147.31.254.130. Setiap bagian disebut dengan octet mewakili satu dari 4 set dari 8 bit. Bagian pertama, kedua atau ketiga menunjukkan network dari system tersebut dihubungkan, biasa disebut dengan subnet.
Misal computer di Wesleyen Uni dengan subnet 129.133, akan memiliki IP number seperti 129.133.10.10, 129.133.20.20, dan sebagainya sampai 65 ribu kemungkinan.
IP address dan domain tidak dapat ditentukan secara sebarang. Suatu permohonan harus diajukan ke Network Information Center (NIC) secara electronik ke hostmaster@nic.ddn.mil, atau melalui pos biasa.

Alamat mempunyai bentuk seperti contoh berikut : username@host.subdomain.domain

• Username adalah kata yang menginformasikan tentang orang yang memiliki account Internet..
• Host adalah mesin tersendiri yang terletak pada lokasi tertentu.
• Host dan jaringan lokal dikelompokkan menjadi domain, yang kemudian dikelompokkan menjadi satu atau beberapa domain yang lebih besar.
• Bagian terakhir dari alamat Internet menunjukkan domain terbesar.

Beberapa nama domain yang sering digunakan adalah.:
com : Biasanya untuk perusahaan atau badan komersial, misal apple.com
edu : Untuk institusi pendidikan,
misal New York University : nyu.edu. Indonesia menggunakan ac.
gov : Untuk goverment site, misal NASA adalah : nasa.gov
mil : Untuk military site, misal Angkatan Udara Amerika : af.mil
net : Untuk gateways atau untuk host yang mengatur adminsitrasi dari jaringan, misal : near.net
org : Untuk organisasi swasta yang tak dapat digolongkan ke klasifikasi di atas. Misal untuk Electronic Frontier Foundation , eff.org

Beberapa negara memiliki top domain sendiri misal :
Au : Australia
Ca : Canada
fr :France
uk :United Kingdom, dg subdomain ac.uk , untuk akademik, dan co.uk, untuk komersial.
Id : Indonesia

Sehingga misal penamaan di Universitas Gunadarma menjadi :
user02@kursus1.gdarma.ac.id
mwiryana@gdarma.ac.id yang merupakan alamat lain dari
mwiryana@server.gdarma.ac.id

Organisasi yang memiliki keterlibatan dalam pengembangan INTERNET adalah :
• Internet Society (ISOC)
• Internet Architecure Board (IAB)
Internet Engineering Task Force (IETF)
Internet Research Task Force (IRTF).
Masing-masing memiliki steering group
Internet Engineering Steering Group (IESG)
Internet Research Steering Group (IRSG)

NETIQUETTE
Netiquette singkatan dari Net Etiquette, yaitu etika yang sebaiknya digunakan ketika memanfaatkan jasa Internet. Dapat disingkat dari berbagai sumber, netetika tersebut antara lain :
• Ingatkan bahwa di sisi lain dari komputer yang terhubung adalah seorang manusia
•Terapkan tatanan yang sama untuk perilaku di jaringan sebagaimana dalam kehidupan sehari-hari
• Ketahui posisi dan lokasi anda di cyberspace.
• Hargai waktu dan bandwidth dari pengguna lainnya
• Buatlah diri anda sebaik mungkin ketika online
• Kontribusikan pengetahuan anda
• Jagalah sehingga "flame war" selalu dalam kendali
• Hargailah privasi dari orang lain
• Jangan salah gunakan kekuatan yang anda miliki, misal anda sebagai SystemAdministrator
• Pemaaf bagi user yang melakukan kesalahan


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fontcolor fffff ayo berkomentar